Jumat, 03 November 2017

Jilbab Syar'i atau Jilbab Modern?

Apakah Jilbab Modern Termasuk Jilbab Syar’i?

Mungkin untuk mengatakan Jilbab Modern masuk Jilbab Syar’i atau tidak, kita harus lihat dulu apa sih sebetulnya deskripsi jilbab syar’i itu?


Jilbab berasal dari bahasa arab, yang memiliki arti pakaian yang panjang dan longgar serta menutup semua aurat wanita kecuali wajah dan telapak tangan.

Namun ternyata definisi Jilbab beragam, mulai dari berarti kain yang sangat lebar, pakaian menutupi seluruh tubuh,penutup kepala danseterusnya.

Artinya, Jilbab sendiri sudah menjadi sesuatu yang sesuai aturan berpakaian muslimah. Jadi jilbab syar’i adalah pakaian yang sesuai dengan aturan hukum islam, begitu kira-kira saya mendefinisikan.

Namun di Indonesia, jilbab lazimnya adalah kerudung atau penutup kepala. Dan, hal tersebut tidaklah jauh dari arti Jilbab yang sebenarnya.

Karena ragam jilbab di Indonesia sangat beragam, dan ada sebagian yang tidak memenuhi syarat kaidah syra’i, maka timbullah perbaikan dari beberapa produsen jilbab yang menjudge produknya adalah jilbab syar’i, yang tentunya berarti jilbab/ penutup kepala yang sesuai kaidah hukum islam.

Lantas, apakah jilbab modern masuk kategory syar’i?


Emang jilbab modern tuh kayak apa sih? Jilbab modern, tentunya jilbab yang sesuai kaidah kemoderenan, atau jilbab zaman now? Hehheheh....

Modern menurut kamus bahasa indonesia adalah, terbaru atau mutahir. Yang saat ini mungkin bisa disebut Zaman Now atau kekikian.

Menurut selayang pandangan saya, justru jibab modern itu kebanyakan jilbab tipe jilbab syar’i. Apakah itu jilbab Syar’i model Bergo, atau jilbab Syar’i model khimar, pashmina maupun jilbab model segi empat.

Kebanyakan jilbab syar’i zaman now itu berupa jilbab syar’i model instan. Jadi tinggal slup slup dah rapi deh.... Tidak Ribet, Syar’i dan Zaman Now.....

Nah itulah sekilas tentang Jilbab. Apakah Modern atau Kuno, menurutku yang penting sesuai dengan kaidah-kaidah Islam.

so, Yuk kita perbaiki cara berhijab kita, dari diri kita sendiri, orang-orang terdekat dan semoga menyebar lebih luas.....Semoga menjadi Jariyah bagi kita Aamiin.


sumber: dari berbagai artikel yang saya baca





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hiii... Assalaamualaikuum.... Boleh dong kasih masukannya di kolom komentar

MAU TERLIHAT LEBIH LANGSING? JANGAN SALAH PAKAI JILBAB

Jilbab apa yang kamu suka? Dari bergabai macam model jilbab #Munira yang aku jual, Khimar #MD37 yang menjadi favoritku. Aku pali...